38 Pesawat Tiongkok Terobos Wilayah Udara, Taiwan Kirim Jet Tempur

38 Pesawat Tiongkok Terobos Wilayah Udara, Taiwan Kirim Jet Tempur

JawaPos. com – Taiwan melaporkan 38 pesawat terbang Tiongkok menerobos wilayah pertahanannya pada Jumat (1/10) saat Tiongkok memuliakan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. Aksi tersebut dilakukan di dalam dua gelombang dan disebut Taiwan sebagai gangguan terbesar yang dilakukan Tiongkok terhadap mereka.

Taiwan, yang diklaim Tiongkok sebagai bagian dari negaranya, telah lama mengeluhkan ulah legiun udara Tiongkok di dekat pulau yang diperintah secara demokratis itu. Aksi itu seringkali dilakukan di periode barat daya zona pertahanan udara Tiongkok dekat Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan pertama kali mengadukan pesawat tempur Taiwan mengusir 18 jet tempur J-16 dan empat jet tempur Su-30 ditambah dua udara pengebom H-6 berkemampuan nuklir dan sebuah pesawat anti-kapal selam.

Lalu pada Sabtu (2/10) dini hari, kementerian itu mengatakan 13 pesawat Tiongkok terlibat di dalam misi pada Jumat (1/10) malam. Rinciannya adalah 10 jet tempur J-16, 2 pesawat pembom H-6 & satu pesawat pemberi peringatan dini.

Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat-pesawat Tiongkok tersebut, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau para penyusup itu. Gelombang pertama motor Tiongkok semuanya terbang di daerah yang dekat secara Kepulauan Pratas, dua antara lain adalah pengebom dan lelap paling dekat dengan pulau karang itu, menurut denah yang dikeluarkan oleh departemen tersebut.

Golongan kedua terbang ke Celah Bashi yang memisahkan Taiwan dari Filipina. Wilayah itu merupakan jalur laut sempurna yang menghubungkan Pasifik dengan Laut Cina Selatan yang disengketakan.