4 Politeknik Negeri Diresmikan Guna Wujudkan SDM Berkualitas

4 Politeknik Negeri Diresmikan Guna Wujudkan SDM Berkualitas

JawaPos. com – Pemerintah telah selesai membangun empat politeknik negeri di Jawa Timur (Jatim). Keempat politeknik negeri tersebut adalah Politeknik Negeri Madiun (PNM), Politeknik Negeri Malang (Polinema), Politeknik Negeri Jember (Polije), serta Politeknik Negeri Madura (Poltera).

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo mengemukakan bahwa secara fisik pembangunan gedung sudah tuntas dikerjakan. ”Dengan sejenis bisa dimanfaatkan untuk penelaahan usai dilakukan serah dapat dari Kementerian PUPR ke pihak kampus, ” membuka dia melalui keterangan resminya, Jumat (10/9).

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto mengatakan, kehadiran politeknik ini diharapkan dapat men lulusan yang berkualitas pantas dengan kebutuhan masyarakat. ’’Dari sinilah kita menunggu keluaran SDM yang memiliki kompetensi dan kemampuan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, ” tegasnya.

Kata dia, pendidikan vokasi memainkan peran yang betul strategis khususnya dalam memenuhi kebutuhan akan SDM sebati kualifikasi industri. Untuk itu, hal ini diharapkan dapat memicu peningkatan ekonomi serta SDM Indonesia.

’’Untuk membantu pendidikan vokasi memahami dan memenuhi kebutuhan tersebut, perlu adanya sinergi dengan industri agar berlaku link and match mengiringi kedua belah pihak, yaitu perguruan tinggi vokasi dan industri, ” jelasnya. (*)