Alasan Nova Widianto Ditugaskan Dampingi Praveen/Melati di Olimpiade

Alasan Nova Widianto Ditugaskan Dampingi Praveen/Melati di Olimpiade

JawaPos.com – Richard Mainaky mendampingi tim Olimpiade sejak 1996 hingga 2016. Selama dua dekade itu, anak didik Richard berhasil menyumbangkan dua perak dan sekeping emas.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, untuk kali pertama Richard tidak akan turun langsung mendampingi tim. Dia menugaskan asistennya, Nova Widianto, untuk mendampingi Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Keputusan itu diambil karena Richard ingin mempersiapkan regenerasi pelatih.

Sebagaimana pemain, semua pelatih pun ingin mendampingi tim saat Olimpiade. ”Saya pikir Nova sudah pengalaman sebagai pemain. Lalu, saat di (Olimpiade, Red) Rio juga turut mendampingi saya. Suasananya sudah tidak asing lagi,” tutur pelatih berusia 56 tahun itu.

Saat turnamen di luar negeri, Richard lebih sering menugaskan Nova untuk mendampingi para pemain. Termasuk, saat Praveen/Melati menjuarai All England 2020 dan juara back-to-back di Denmark Open 2019, serta French Open 2019.

Richard juga melihat pengalaman Nova sebagai pemain sangat mumpuni. Nova tercatat pernah meraih perak Olimpiade Beijing 2008 dan dua kali juara dunia. Kemudian, Nova pensiun pada 2013 silam.

Karena keterbatasan kuota, ganda campuran tidak membawa partner latihan ke Jepang. Persiapan digenjot di pelatnas. Selain itu, Richard menilai selama ini Nova sudah layak bertugas pada event-event yang lebih besar.