Aparat Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu 500 Rencana ke Lapas Madiun

Aparat Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu 500 Rencana ke Lapas Madiun

Jawa P os. com –Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas satu Madiun, Jawa Timur, menggagalkan cara penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam lingkungan lapas. Upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 500 gram tersebut dilakukan dengan modus dilempar ke dalam lapas melalui tembok.

Kepala Lapas Kelas I Madiun Supriyanto mengatakan, upaya penyelundupan itu diketahui petugas pada Sabtu (15/8) saat melakukan patroli. Bahan narkoba itu dibungkus dalam kantung plastik hitam. Barang itu tampak petugas tersangkut di kawat berduri tembok keliling lapas di bagian barat bangunan.

”Petugas tahunya barang itu sudah tertumpuk di kawat dinding lapas, tinggal sedikit saja itu jatuh ke dalam lapas. Alhamdulillah berhasil kita gagalkan upaya pelemparan itu, ” ujar Supriyanto seperti dilansir dibanding Antara di Madiun, Selasa (18/8).

Setelah dilihat petugas, pada dalam kantung plastik hitam tersebut ada lima bungkus berupa kaca putih yang sementara diduga kuat sabu-sabu. Setiap bungkus beratnya 100 gram, jadi semua ada 500 gram. Selanjutnya temuan itu dilaporkan kepada Satuan Resnarkoba Polres Madiun Kota untuk ditindaklanjuti.

”Semua barang yang kita temukan itu sudah kita serahkan ke pihak Polres Madiun Kota buat ditindaklanjuti, ” terang Supriyanto.

Dia menegaskan, temuan narkotika di lingkungan lapas tersebut menjadi perhatian bersama. Pihaknya juga telah menginstruksikan seluruh petugas lapas untuk meningkatkan kewaspadaan, tanggap, dan jeli, utamanya terhadap lalu lintas orang atau barang yang masuk ataupun melewati lingkungan lapas.

Penggeledehan pun rutin dilakukan, jalan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), pengunjung, maupun petugas lapas. Tak hanya penggeledahan badan tetapi serupa barang yang dibawa. Termasuk pemeriksaan HP dan pengambilan nomor imei. Tujuan semua upaya itu merupakan untuk meminimalisasi tindakan dan penyelundupan barang haram, terutama narkoba ke dalam lapas.

Saksikan video menarik berikut tersebut: