Artis Curhat Bayar Sewa Balai Muda, MA Janjikan Distrik Inovasi

Artis Curhat Bayar Sewa Balai Muda, MA Janjikan Distrik Inovasi

JawaPos. com –Kurangnya tempat berkreasi dikeluhkan seniman Surabaya. Terlebih setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menutup Taman Hiburan Rakyat (THR). Hal tersebut membuat puluhan seniman, penyanyi, dan artis meluruk Calon Wali Kota Machfud Arifin.

Ketua DPD PAPPRI Jatim Sastra Harijanto Tjondrokusumo melahirkan, kondisi seniman sangat memprihatinkan. Terlebih lagi pada masa pandemi. Penuh seniman harus merelakan barang-barang buat bekerja seperti gitar dijual. Itu berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

”Selama pandemi, tidak ada bantuan yang dikasih pemerintah. Perhatian juga jarang ada. Rasanya jadi seniman ini hidupnya memprihatinkan, ” ujar Sastra Harijanto Tjondrokusumo pada Kamis (5/11).

Dia menyayangkan banyak potensi di Surabaya yang tidak mampu dikembangkan. Hal itu karena kurangnya perhatian pemerintah. Meskipun ada, tak ada tempat untuk mengembangkan diri.

”Sebenarnya ada banyak potensi yang bisa dikembangkan. Jumlah seniman di Surabaya juga banyak. Kurang dikumpulkan dan dirangkul. Tempat untuk berkreasi dan mengembangkan muncul juga jarang, ” keluh Sastra Harijanto Tjondrokusumo.

Keadaan mengapresiasi upaya Pemkot Surabaya dengan kembali menghidupkan Balai Pemuda. Tempat melihat itu adalah cara elok untuk memberikan ruang publik. Sayangnya, untuk menggunakan tempat tersebut, artis harus membayar dengan harga yang cukup tinggi.

”Kalau harus bayar kami tidak berharta. Uang pendapatan dari seni saja sudah tidak seberapa. Apalagi harus membayar gedung untuk menampilkan kecil dan kreasi, ” tutur Huruf Harijanto Tjondrokusumo.

Perkara dukungan kepada Machfud Arifin, dia mengatakan, sosok Machfud sebagai orang yang kompeten dan memiliki kontrak tinggi. Itu juga yang membuatnya yakin untuk menyampaikan keluhan di dalam paslon nomor dua.

”Programnya jelas. Selama ini kalau curhat atau menyampaikan keluhan ke pemkot kurang didengar. Saya berharap dengan menyampaikan keluhan ke Machfud Arifin, keluhan kami didengar serta direalisasikan, ” harap Sastra Harijanto Tjondrokusumo.

Sementara tersebut, Calon Wali Kota Surabaya Cetakan 2 Machfud Arifin menjanjikan untuk memakmurkan seluruh profesi warga. Tak hanya meningkatkan infrastruktur tapi pula tingkat kebahagiaan warga.

”Kota tanpa seni akan terasa aneh. Seniman harus dirangkul dan diberikan tempat. Dengan begitu, itu bisa mengembangkan kreativitas masing-masing & bisa memajukan kota, ” perkataan Machfud.

Dia membicarakan akan membangun distrik inovasi. Kesepakatan tersebut untuk merangkul seluruh bagian. Salah satunya dari lingkungan seniman yang selama ini kurang didengar pemerintah. Di distrik tersebut, Machfud menjanjikan memberikan ruang dan wadah bagi seniman, UMKM, dan budak muda. Dengan pemandangan kota dengan apik, tempat tersebut diharapkan sanggup menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pihak.

”Saya akan menyediakan tempat dan bagian untuk para seniman berkreasi. Rebut kembali THR untuk para seniman Surabaya, ” kata Machfud.

Saksikan video mengakui berikut ini: