Biar Vaksin Covid-19 Tersedia, Jokowi Menimbulkan Masyarakat Taat Patuhi 3M

Biar Vaksin Covid-19 Tersedia, Jokowi Menimbulkan Masyarakat Taat Patuhi 3M

JawaPos. com – Perlindungan utama kita sejak virus Korona adalah protokol kesehatan tubuh 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci lengah pakai sabun. Sekalipun ada vaksin, protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

Hal itu ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo saat menyambut vaksin Covid-19 dari Sinovac tiba di tanah air tersedia Minggu (6/12). Menurutnya, meski vaksin sudah ada kita tetap kudu disiplin jalankan protokol kesehatan.

“Tetep dispilin 3M mencantumkan masker, menjaga jarak, mencuci tangan harus selalu kita lakukan, ” tegas Jokowi dalam keterangan pers virtual.

Hal senada diungkapkan Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Menurutnya untuk menurunkan laju penularan urusan Covid-19, protokol 3M tetap dilaksanakan. Menurutnya, target ini tak akan menjadi sulit jika semua orang sadar kita tidak cukup dalam keadaan baik-baik saja.

“Tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir. Karena itu, seluruh lapisan masyarakat harus mau kerja sama dan gotong royong demi tingkatkan penanganan Covid-19 di Indonesia, ” tutur Prof Wiku.

Dia menetapkan Satgas dan kita semua tidak ingin berada di kondisi serba sulit ini terus menerus. Oleh sebab itu masyarakat harus mematuhi protokol jika ingin menyelamatkan keluarga dan umat manusia.

“Mohon umum segera sadar bahwa langkah mungil untuk cuci tangan teratur, secara hanya pakai masker dengan benar, bahkan upaya kecil untuk mengelola jarak satu sama lain benar berdampak bagi kehidupan banyak umat manusia, ” tegasnya.

“Semangat kedisplinan dalam menjalankan aturan kesehatan merupakan kunci utama penularan Covid-19 dari diri sendiri maupun orang terdekat. Saya berharap bangsa yang telah patuh dapat menjadi agen perubahan bagi orang dalam sekitarnya yang belum tergerak taat protokol kesehatan, ” tutupnya.