BTN Catatkan Pertumbuhan Kredit Positif pada Tengah Pandemi

BTN Catatkan Pertumbuhan Kredit Positif pada Tengah Pandemi

JawaPos. com – Properti menjadi salah satu sektor yang mulai tumbuh setelah beberapa kamar terakhir mengalami pertumbuhan negatif memasukkan perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia awal 2020. PT Bank Tabungan Negara Tbk yang fokus pada pembiayaan kekayaan mencatat selama dua bulan final tren pertumbuhan kredit terus pulih seiring dengan optimisme pasar terhadap upaya-upaya menanganan virus.

“Di tengah kontraksi ekonomi yang diperkirakan mencapai 3 persen tarikh ini, BTN mentargetkan pertumbuhan kredit sekitar 2 persen untuk 2020, ” ujar Dirut BTN Balasan N Mansury dalam peringatan 44 tahun BTN di Jakarta, Kamis (10/12).

Dia mengungkapkan, di tengah upaya-upaya dunia jalan meningkatkan kinerjanya, BTN pada Oktober 2020 telah mampu mencatatkan kemajuan kredit sebesar 0, 25 komisi dan naik lagi menjadi sekitar 1 persen pada November 2020. “Trennya terus positif dan kita targetkan pertumbuhan kredit tahun ini sekitar 2 persen, ” katanya.

Pahala mengaku bersyukur karena fokus BTN yang membidik pembiayaan properti segmen menengah kolong menjadikan bank BUMN ini sedang mampu mencatatkan kinerja positif dalam tengah tekanan perekonomian akibat pandemi.

Dia mencatat sejak berdiri 44 tahun lalu, BTN terus fokus pada pembiayaan perumahan menengah bawah dengan alokasi nilai 89 persen untuk KPR sumbangan dan sisanya sebesar 11 komisi KPR non subsidi. Hingga saat ini BTN mencatat telah mengucurkan pembiayaan KPR senilai Rp 317 triliun yang dinikmati lebih dari 5 juta masyarakat di seluruh Nusantara. Pembiayaan ini mewakili 40 tip total pembiayaan KPR di Nusantara.

Besarnya pangsa pasar dan penyaluran KPR Subsidi tak lepas dari inovasi dan propaganda yang terus dilakukan Bank BTN untuk mendukung skema subsidi dengan diputuskan Pemerintah, mulai dari Sarana Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Sandaran Uang Muka, Subsidi Selisih Kembang (SSB) dan juga KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Selain dengan rencana KPR khusus, Bank BTN pula makin inovatif di era disrupsi teknologi. Dengan pengembangan fitur-fitur di Mobile Bankingnya, Bank dengan tanda saham BBTN ini juga terus meningkatkan performa portal aplikasi KPR Online www.btnproperti.co.id dan lelang sendi online di www.rumahmurahbtn.co.id.

“Produk KPR yang kami berikan menyesuaikan dengan segmen masyarakat dengan beragam, dan kami berterima berkelakar kepada seluruh stakeholder seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Penyediaan Perumahan, Kementerian BUMN yang mendukung Bank BTN sehingga dapat menawarkan keluaran KPR yang disukai masyarakat, ” kata Pahala.

Menyambut ulang tahun ke 44, BTN menggelar promosi suku bunga nilai untuk KPR mulai 4, 44% fixed selama 1 tahun, serta bebas biaya-biaya.

“Kami berharap Bank BTN tetap menjadi penyalur KPR terbaik dan mampu menjadi mitra terpercaya pemerintah buat Program Sejuta rumah sesuai secara misi kami menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada tahun 2025, ” tutup Pahala.