Bupati Lampung Utara Nonaktif Divonis 7 Tahun Penjara

Bupati Lampung Utara Nonaktif Divonis 7 Tahun Penjara

JawaPos. com – Bupati Lampung Utara nonaktif, Agung Ilmu Mangkunegara divonis tujuh tahun penjara dan denda Rp 750 juta subsider delapan kamar kurungan oleh Pengadilan Negeri Bagian IA Tanjungkarang, Bandarlampung.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Agung Pengetahuan Mangkunegara telah terbukti secara makbul dan meyakinkan bersalah melakukan aksi pidana korupsi secara bersama-sama serta berlanjut, ” kata Ketua Mahkamah Hakim Efiyanto membacakan amar vonis, Kamis (2/7).

Perhimpunan hakim juga mewajibkan Agung umtuk membayar uang pengganti sebesar Rp 74. 634. 866. 000. Asalkan tidak dibayarkan akan diganti secara hukuman dua tahun penjara.

Agung juga dihukum dengan pidana tambahan pencabutah hak kebijakan untuk dipilih dalam jabatan umum selama enpat tahun. Pidana tambahan ini dijatuhi setelah menjalani kejahatan pokok.

Dalam penjatuhan hukuman, majelis hakim mempertimbangkan hal-hal memberatkan dan meringankan. Untuk peristiwa yang memberatkan, Agung selaku besar daerah seharusnya berperan aktif menghalangi praktik korupsi di wilayahnya tetapi tidak dilakukan, justru terdakwa mengikuti terlibat dalam melanggengkan praktik-praktik manipulasi.

Selain itu, Gemilang telah melakukan lebih dari mulia tindak pidana korupsi dan gratifikasi secara berulang. “Hal meringankan, terdakwa telah mengakui kesalahannya, terdakwa berlaku sopan selama di persidangan, serta terdakwa memiliki tanggungan keluarga, ” ucap Hakim Efiyanto.

Majelis Hakim meyakini, Agung menerima suap dari pengusaha Chandra Safari dan Hendra Wijaya Saleh meniti orang kepercayaannya Raden Syahril, Besar Dinas PUPR, Syahbuddin serta Besar Dinas Perdagangan Wan Hendri terkait sejumlah proyek di Dinas Perdagangan dan Dinas PUPR Pemkab Lampung Utara.

Agung itu terbukti melanggar Pasal 12 tulisan b UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP & Perkara Kedua Pasal 12 B jo Ps 55 (1) ke-1 jo Ps 65 KUHP.