CORE: Saat Banyak Modal Masuk karena RUU Cika, Masalah Sosial Lengkap?

CORE: Saat Banyak Modal Masuk karena RUU Cika, Masalah Sosial Lengkap?

JawaPos. com – Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja (Cika) masih menjelma pembahasan kontroversial, utamanya di kalangan buruh. Regulasi yang digadang-gadang sanggup mempermudah investor tentu menjadi daya tarik investasi masuk ke negara.

Meski begitu, ekonom senior yang juga pendiri CORE Indonesia Hendri Saparini menilai agenda regulasi yang disusun belum mengenai permasalahan lain dari investasi mendalam ke Indonesia. Soal kesenjangan di kepemilikan aset, misalnya.

“Kita tidak bisa kemudian melecehkan investasi saja. Permasalahan kita itu kan sangat luas di dalam masalah-masalah investasi. Tidak boleh ada kesenjangan di dalam mengakses sumber daya dan lain-lain, ” ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (21/8).

Ia menilai, regulasi itu hanya fokus pada kelancaran investasi melalui penyederhanaan regulasi. Tetapi, tidak mempertimbangkan implikasi lain yang mungkin timbul di kemudian hari.

“Nanti kalau investasi menyelap sangat cepat, ekonomi memang mau tumbuh tinggi. Tapi pertanyaannya adalah, apakah struktur ini adil? Apakah ini juga akan menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang ada? ” jelasnya.

Hendri menyarankan, pemerintah juga berfokus pada reformasi kebijaksanaan. Reformasi kebijakan akan membuat investasi yang masuk menjadi lebih terarah.

“Apakah RUU Ciptaker ini akan menjadi senjata yang tepat untuk melakukan reformasi ekonomi? Menurut saya yang jadi PR sekarang ini bagi indonesia mereformasi dulu, tidak sekadar mendorong masuknya investasi, ” ucapnya.