Covid-19 Tunjukkan Gejala Selain Sesak serta Demam, Ini Penjelasannya

Covid-19 Tunjukkan Gejala Selain Sesak serta Demam, Ini Penjelasannya

JawaPos. com – Virus Korona kini tak hanya menyerang sistem pernapasan, tetapi juga pencernaan, otot, dan mata. Isyarat ini sudah berkembang sejak awal mula virus ini muncul pada Wuhan, Tiongkok, yang membuat penderitanya batuk, sesak dan demam.

Juru Bicara Covid-19 Buat Pemerintah Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, beberapa gejala Covid-19 dapat pegari 2-14 hari setelah seseorang terpapar virus. Dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di AS, selain sesak demam dan batuk darah, pasien mulai banyak yang menikmati gejala kehilangan indera penciuman ataupun perasa. Hal itu dibuktikan oleh penelitian observasional pada 961 tenakes.

“Ada 87 komisi pasien pada penelitian di Eropa yang di dalam artikel keilmuan tersebut, ” jelas Wiku.

Wiku menjelaskan, virus Korona biasanya masuk ke tubuh melalui hidung yang disampaikan melalui reseptor ACE2, berfungsi sebagai jalan masuk virus ke dalam sel. Sehingga dapat menimbulkan gejala pilek, indra tersumbat atau nyeri tenggorokan.

“Tapi reseptor ACE2 tersebut juga berada di seluruh tubuh, pembuluh darah, usus dan bagian lainnya. Jadi tidak mengherankan jikalau virus dapat memiliki efek di organ-organ lain, ” jelasnya.

Karena itu, muncullah juga gejala-gejala lain di luar pola pernapasan seperti yaitu diare, tidak nafsu makan, mual muntah, kecil kepala, nyeri otot atau pegal-pegal. Beberapa keluhan lainnya adalah naik selaput mata atau konjungtivitis, bercak pada kulit atau perubahan warna pada jari kulit dan suku.

“Jika anda mengarungi gejala tersebut jangan panik segera ke Puskesmas, RD, atau fasilitas kesehatan terdekat, ” katanya.

Wiku menjelaskan untuk menekan risiko sakit, maka seseorang harus menjaga imunitasnya. Menurut penelitian & ilmiah, cara meningkatkan imunitas merupakan dengan meningkatkan kualitas makanan.

Pertama, mengkonsumsi protein untuk meningkatkan imunologblin untuk meningkatkan kekuatan. Kemudian zinc dan magnesium untuk mempertahankan imunitas tubuh, vitamin D dan E untuk melindungi infeksi virus. Vitamin F bisa didapat dari cahaya matahari, vitamin E didapat dari minyak, biji-bijian serta buah-buahan.

Selain makanan, perlu melakukan istirahat cukup 7-8 jam sehari. Banyak minum minuman putih 8-10 gelas. Pastikan olahraga cukup 30-45 menit untuk menolong menghilangkan stres.