Faisal Basri Nilai Recovery Ekonomi Ijmal Takkan Secepat Proyeksi IMF

Faisal Basri Nilai Recovery Ekonomi Ijmal Takkan Secepat Proyeksi IMF

JawaPos. com – Ekonom Senior Indef Faisal Basri menilai, Dana Moneter Internasional atau International Monetary Funs (IMF) terlalu terburu-buru dalam memproyeksikan pemulihan ekonomi global. IMF menyebut, pemulihan ekonomi global imbas Covid-19 akan terjadi pada 2021.

Menurut Faisal, pasca Covid-19 itu dunia akan mengalami new normal recovery. “Tidak bisa secepat yang dibayangkan IMF. Orang dan perusahaan bakal melakukan adjustment, ” ujarnya, dilansir dari Antara, Jumat (24/4).

Faisal berpendapat, jika ekonomi global benar pulih seperti prediksi IMF pada 2021, maka semestinya pada periode tersebut pertumbuhan ekonomi jauh lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Di sisi lain, dia memandang pasca Covid-19, banyak negara mau fokus pada isu perubahan iklim dalam membuat kebijakan.

“Ini buat kebaikan umat pribadi saya rasa artinya ini metode detoks terjadi dalam ekonomi dunia karena makin banyak pemimpin dunia yang percaya bahwa climate change kudu diperhatikan, ” katanya.

Tak hanya itu, ia mengucapkan perekonomian juga akan lebih mengandalkan sumber daya manusia yang berisi dan penguatan jejaring sosial. “Oleh karena itu, saya lihat dugaan IMF masih konservatif. Dan negeri saya rasa akan lebih buruk dari prediksi IMF dan 2021 tidak akan secepat itu recovery, ” katanya.

Sebagai informasi, IMF memprediksikan perekonomian Indonesia mau tumbuh hingga 8, 2 upah dan global 5, 8 obat jerih pada 2021. Tetapi syaratnya, pandemi Covid-19 telah selesai pada pertengahan 2020.

Baca info berikut Data HK