Gambar Jaksa Terima Rp 1, 5 M Terkait Peristiwa Rizieq Shihab Adalah Hoaks!

Gambar Jaksa Terima Rp 1, 5 M Terkait Peristiwa Rizieq Shihab Adalah Hoaks!

JawaPos. com – Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan, beredarnya video seorang Jaksa yang diduga menerima suap dalam pengurusan perkara yang menjerat Habib Rizieq Shihab adalah tidak benar pedengan hoaks. Video yang berputar di media sosial tersebut mengaitkan dengan penjelasan Kepala Sub Direktorat Tindak Kejahatan Korupsi Direktur Penyidikan di Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) Kejagung 2016 lalu.

Sebab ramai berputar video dengan caption ‘Terbongkar kasus Jaksa yang menghantam kasus sidang HRS menyambut uang suap Rp 1, 5 miliar’. Hal itu dibantah oleh Kepala Was-was Penerangan Hukum Kejaksaan Utama, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

“Bahwa video penangkapan seorang oknum Jaksa oleh Tim Saber Pungli Kejaksaan Agung adalah peristiwa yang terjadi pada kamar November tahun 2016 dengan lalu dan bukan adalah pengakuan Jaksa yang menyambut suap kasus sidang Habib Rizieq Sihab, ” logat Leonard dalam keterangannya, Minggu (21/3).

Baca Juga: ‘Ngamuk’ Tolak Sidang Virtual, Rizieq: Saya Tidak Ridho Dunia Akhirat!

Leonard menjelaskan, penangkapan perseorangan Jaksa berinisial AF di Jawa Timur tersebut terkait dengan pemberian suap pada penanganan perkara Tindak Kejahatan Korupsi Penjualan Tanah Kas Desa di Desa Kali Mok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Dia menegaskan, tidak ada kaitannya dengan sidang perkara yang menjerat Rizieq Shihab.

“Bahwa pejabat dengan menjelaskan penangkapan oknum Jaksa AF pada video itu, adalah Bapak Yulianto, SH. MH, yang saat tersebut sudah menjabat sebagai Besar Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT), ” ujar Leonard.