Hoax Gedung Kemensos Terbakar setelah OTT KPK

Hoax Gedung Kemensos Terbakar setelah OTT KPK

AKUN   Thau Fix Qu membagikan kabar yang cukup mengejutkan di 7 Desember lalu. Dia membicarakan gedung Kementerian Sosial terbakar setelah Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap KPK. Informasi itu juga dilengkapi link berita dari CNN Nusantara tentang kebakaran di lantai 3 gedung Kemensos.

”Habis tertangkap KPK.. dan jd simpulan.. timbul kantor nya tbakar. tersedia apa dgn api.. dana covid hampir 700T, ” begitu bahan yang ditulis akun Thau Fix Qu (bit. do/SetelahOTT). Tak kecil netizen yang menyebarkan ulang bahan itu. Padahal kalau tautan berita dari CNN Indonesia tersebut dikunjungi dan dibaca, tentu langsung terang bahwa akun Thau Fix Qu itu ngibul.

Link dari CNN Indonesia itu benar berisi berita tentang kebakaran di gedung Kemensos. Namun, kebakaran itu terjadi pada 21 September 2020 atau dua bulan sebelum Gajah Juliari ditangkap KPK.

Pemberitaan CNN Indonesia itu mengutip unggahan akun Twitter BPBD DKI Jakarta pada 21 September 2020. Disebutkan bahwa kebakaran terjadi dalam lantai 3 gedung Kemensos & saat itu langsung dilakukan pemadaman.

”Pkl 03. 55 #Kebakaran di Lt. 3 Gedung Kemensos, Jl. Salemba Raya, No. 28, Kel. Kenari, Kec. Senen, Jakarta Pusat. Saat ini pada proses pemadaman, ” begitu tanda dari BPBD DKI Jakarta di dalam 21 September 2020.

Berita tentang peristiwa kebakaran itu juga diunggah situs kemensos. go. id dengan judul Kebakaran pada Gedung Kemensos Padam Kurang sebab 1 Jam. Saat itu, Menteri Juliari mengungkapkan bahwa sistem proteksi pencegahan kebakaran di gedung Kemensos berjalan dengan baik.

”Gedung Kemensos ini dibangun, tercatat peralatan dan perlengkapannya, sejak tarikh 1980-an. Anggaran perawatannya pun minim. Namun karena sistem proteksi berlaku baik, di samping kesigapan dan keandalan tim keamanan Kemensos, kebakaran cepat diatasi, ” jelasnya saat itu.

Menangkap Juga: Salah Foto Imbas Bentrokan Polisi dengan Barisan FPI

Disebutkan pula bahwa kebakaran terjadi pada memukul 03. 50. Setelah dicek oleh tim sekuriti Kemensos dan PMK DKI Jakarta, titik api beruang di lantai dasar ruang sound system. Sumber api tepat beruang di ruang teknisi lantai dasar, kemudian memunculkan asap yang membubung cukup tinggi. Tetapi, titik suluh secara cepat dapat diketahui serta tidak menjalar ke ruangan lainnya. Pukul 04. 20 WIB, bercak api pokok dapat dipadamkan. Anda dapat membacanya di bit. do/SatuJamPadam.

—

FAKTA

Kebakaran gedung Kemensos terjadi di Senin dini hari, 21 September 2020, dua bulan sebelum operasi tangkap tangan KPK.

Saksikan video menarik berikut ini: