Imbas Larangan Mudik, Penumpang Pangkalan Purabaya Turun 75 Persen

Imbas Larangan Mudik, Penumpang Pangkalan Purabaya Turun 75 Persen

JawaPos. com –Larangan pegangan Lebaran pada 6 hingga 17 Mei berimbas dalam penurunan jumlah penumpang pada Terminal Purabaya Surabaya. Terlebih lagi, pemerintah juga melakukan pengetatan mulai 22 April hingga 24 Mei.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat. Menurut dia, penurunan penumpang terjadi sekitar 75 persen. Penurunan itu terjadi sebelum ada preskripsi dari pemerintah terkait pengetatan yang dimulai pada 22 April.

”Sejak ada peraturan pengetatan ada penurunan 75 persen. Sungguh keadaannya sepi, apalagi enam Mei sampai 17 Mei dilarang mudik. Orang kesudahannya takut, ” ujar Pemimpin pada Rabu (28/4).

Penurunan penumpang berimbas pada penurunan jumlah armada bus. Kini hanya ada 500 armada yang beroperasi. Menurut Imam, penurunan tersebut bukan hanya sekadar penyesuaian jumlah penumpang, namun pengusaha dan awak bus ngerasa takut tidak ada penumpang dan rugi.

”Penumpang kan juga tersedia penyekatan dengan harus bawa surat rapid antigen & keterangan tujuan mau ke mana, ” tutur Imam.