Inggris Pulangkan Jerman Usai Lulus 2-0, Gareth Southgate Membersihkan Dosa

Inggris Pulangkan Jerman Usai Lulus 2-0, Gareth Southgate Membersihkan Dosa

JawaPos. com – Seperempat abad suram di Euro 1996, Gareth Southgate disebut-sebut sebagai motor kekalahan Inggris atas Jerman lantaran gagal mengeksekusi tendangan penalti sebagai algojo belakang. Southgate juga harus menahan malu karena kegagalan itu ia lakukan di Gelanggang Wembley, markas The Three Lions .

Siapa sangka, 25 tahun kemudian, di tempat yang sama, di perhelatan yang sama, serta melawan musuh yang sesuai, Southgate yang kini bersandar di kursi pelatih tim Inggris sukses membayar dasar dosanya itu.

Southgate mengepalkan kedua lengah dengan wajah lega usai peluit panjang wasit berbunyi di tengah gemuruh sorak sorai suporter Inggris dengan memadati Stadion Wembley. Papan skor menunjukkan angka 2-0 untuk kemenangan timnya akan Jerman dibawahi pelatih Joachim Loew, Rabu (30/6) dini hari.

Besar gol tanpa balas itu lahir dari kaki Raheem Sterling dan Harry Kane di babak kedua sesudah kedua tim hanya bisa main imbang di sesi pertama.

Berlaku di hadapan publik tunggal, Inggris sangat terlihat bergairah membabat Der Panzer , tim dengan selama ini terkenal sering menjegal mereka di perhelatan akbar level Eropa maupun dunia. Penantian tersebut akhirnya terwujud hari ini.

Skor berubah 1-0 di menit 75 usai Sterling sukses menyarangkan bola ke gawang Manuel Neuer dengan kakinya setelah menerima umpan manis dari Luke Shaw.

Kecolongan 1 gol, Jerman mulai menggencarkan serangan. Mereka nyaris menyamakan kedudukan kala striker gaek Thomas Muller lulus dari kawalan bek Inggris dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Jordan Pickford. Dilalah, sepak kaki kanannya terlalu merembet ke sisi kanan gawang.

Inggris sukses mengunci kemenangan di menit 86 lewat tandukan Kane setelah menerima umpan daripada Jack Grealish.

Kemenangan ini tentunya benar penting buat timnas Inggris maupun para pendukung itu. Namun, hasil positif itu sepertinya akan jadi satu diantara kenangan manis yang tidak terlupakan bagi Gareth Southgate dalam sepanjang karirnya di dunia sepak bola.