Ini Jadwal Uji Kompetensi Nasional Pelajaran Nakes

Ini Jadwal Uji Kompetensi Nasional Pelajaran Nakes

JawaPos. com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Nasional Kalender Pendidikan Tenaga Kesehatan periode I tahun 2020. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Aris Junaidi.

“Pelaksanaan Uji Kompetensi yang semula dijadwalkan pada bulan Maret – April namun tertunda adanya pandemi Covid-19, akan diselenggarakan pada Juli – Agustus 2020, ” ujar Aris dalam keterangan resmi, Sabtu (18/7).

Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional akan diselenggarakan pada Juli hingga Agustus 2020. Ini adalah hasil kesepakatan antara Kemendikbud, Departemen Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Telah disepakati bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional merupakan salah satu program pengutamaan yang tetap harus diselenggarakan di dalam masa pandemi Covid-19 dengan melegalkan protokol kesehatan di setiap tahapnya.

Adapun, uji kompetensi merupakan proses pengukuran pengetahuan, keahlian, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi bidang kesehatan. Selain tersebut, hal ini merupakan upaya penjaminan mutu lulusan, implementasi kurikulum dan sebagai dasar pembinaan mutu pelajaran bidang kesehatan bagi kementerian terpaut.

Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi untuk lulusan pendidikan kesehatan vokasi, ataupun sertifikat profesi bagi lulusan pendidikan profesi.

“Sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi digunakan sebagai syarat pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) bagi tenaga Kesehatan. STR merupakan syarat tenaga kesehatan bisa menjalankan praktik atau kerja. Peristiwa ini sangat penting, terutama dalam saat pandemi ini yang menggunakan banyak tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19, ” jelas dia.

Di dalam uji kompetensi periode I tarikh 2020 ini terdaftar 48. 798 peserta dari 22 program menuntut bidang kesehatan. Uji Kompetensi Nasional program pendidikan tenaga kesehatan periode I tahun 2020 akan diselenggarakan pada tiga waktu penyelenggaraan, kurun lain:

1. 18 – 20 Juli 2020 mau diikuti 15. 321 peserta agenda studi Diploma III Kebidanan, Diploma IV Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.

2. 25 – 27 Juli 2020 akan diikuti 18. 704 peserta dari Program Pendidikan Profesi Ners, Kelulusan III Elektromedis, Diploma III Terapi Gigi dan Diploma IV Terapi Gigi.

3. 8 – 10 Agustus 2020 bakal diikuti 14. 773 peserta sebab Diploma III Keperawatan, Diploma IV Keperawatan, Diploma III gizi, Diploma IV gizi, Diploma III Sanitasi, Diploma IV Sanitasi Lingkungan, Diploma III Teknologi Laboratorium Medis, Kelulusan IV Teknologi Laboratorium Medis, Diploma III Teknik Gigi, Diploma III Rekam Medis, Diploma III Radiologi, Diploma III Optometri, Diploma III Fisioterapi, Diploma IV Fisioterapi.