Inspeksi Cyrus: Publik Anggap Jagonya PDIP Lebih Pengalaman Memerintah

Inspeksi Cyrus: Publik Anggap Jagonya PDIP Lebih Pengalaman Memerintah

JawaPos. com – Belum lama ini, survei Cyrus Network merilis hasil surveinya soal pemilihan Wali Kota Surabaya. Salah satu hasilnya adalah, mayoritas publik menganggap pasangan Eri Cahyadi dan Armuji dianggap lebih berpengalaman dalam kebijakan dan pemerintahan.

“Sebanyak 9 persen pemilih memilih paslon 1 tersebut dengan alasan berpengetahuan dalam politik dan pemerintahan, sementara hanya 2, 7 persen pemilih yang menganggap Pasangan Machfud-Mujiaman sebagai sosok berpengalaman, ” kata Chief of Consultan Cyrus Network Hafizhul Mizan dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos. com, Senin (30/11).

Menurut Mizan, pasangan bahan wali kota dan wakil pemangku kota Surabaya nomor urut satu yang diusung PDIP itu lebih unggul karena dianggap lebih berpengetahuan, meskipun kedua calon dipilih sebab sama-sama diharapkan akan membawa mutasi di Kota Pahlawan itu.

Namun, kata Mizan, faktor partai pengusung tampak juga berperan penting. Sekitar 7 persen sejak pemlih Eri Cahyadi Armudji mengaku memilih Eri karena berasal dari Partai Poiltik sama dengan yang mereka dukung. “Sebab hanya 3, 5 persen dari pemilih Machfud-Mujiaman mengaku memilih Machfud dengan dalil satu partai, ” kata Mizan.

Sementara itu, untuk presentasi elektabilitas, paslon Eri Cahyadi-Armuji masih perkasa dengan elektabilitas 55, 3 persen, unggul 21, 5 persen dari Pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman yang memiliki elektabilitas 33, 8 persen. Sementara total pemilih mengambang masih berkisar di angka 10, 9 persen.

Menurut Mizan, dengan tren yang cenderung positif elektabilitas pasangan Eri Cahyadi-Armuji diprediksi tidak bakal terkejar oleh lawannya di abu masa kampanye ini.

“Dengan waktu tersisa kurang dari dua minggu dari survei lengkap dilaksanakan, diprediksi akan sangat suram bagi pasangan Machfud Arifin & Mujiaman untuk mengejar ketertinggalan, ” kata Mizan.

Timbangan beralasan, mengapa elektabilitad Eri Cahyadi-Armuji sulit dikejar. Ia mengatakan pasangan nomor urut 1 ini tampak dominan hampir di semua bagian demografis. Mulai dari gender, piawai, agama, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, sampai ke Daerah Pemilihan DPRD. Sementara untuk lawanya hanya ulung dalam segmen pemilih daerah tertentu saja.

Diektahui, inspeksi Cyrus Network dilangsungkan pada tanggal 23-27 November 2020. Survei tatap muka dilakukan dengan metodologi Multistage Random Sampling melibatkan 400 karakter responden di seluruh wilayah Praja Surabaya dengan Margin of Error (MoE) =/- 5 %.