Juara Lagi Setelah 581 Hari, Marquez: Salah Satu Terhebat dalam Karir

Juara Lagi Setelah 581 Hari, Marquez: Salah Satu Terhebat dalam Karir

JawaPos. com- GP Jerman 2021 menjelma saksi “comeback” terhebat. Yaitu ketika Marc Marquez meraih kemenangan pertamanya setelah mangkir sembilan bulan dari balapan karena cedera. Ini merupakan kemenangan pertama Marquez di 581 hari, atau setelah dia menang di GP Valencia 2019.

Marquez menunjukkan tanda-tanda balik kompetitif setelah tampil tercepat di sesi latihan terbuka pertama. Dan Marquez belakangan membuktikan dirinya siap menantang kembali para juara kelas premier dengan kemenangan di Sirkuit Sachsenring.

Sang juara dunia delapan kali itu menyelesaikan balapan sepanjang 30 putaran tersebut dengan dominan sejak start hingga menyentuh garis sudah. Marquez mencatat waktu satu, 610 detik di depan pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira.

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo melengkapi podium setelah finis ketiga. Dia terpaut 6, tujuh detik dari Marquez.

“Ini adalah lengah satu dari momen terutama dan terberat dalam karir saya, ” kata Marquez dengan emosional dikutip sejak MotoGP. “Luar biasa sulit untuk berkonsentrasi pada lap terakhir. Bayangan dan sejarah masa lalu tiba-tiba terkira. Tetapi, kami bisa melakukannya, ” imbuhnya.

Marquez saat ini menjadi pembalap paling dominan di Sachsenring. Dia mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak melakukan debut di MotoGP pada 2013. Tempat juga meraih tiga kemajuan di kelas 125cc & Moto2. Artinya, Marquez belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.