Kardinal Nigeria Berbagi Makanan Aktif Puasa untuk Umat Muslim Abuja

Kardinal Nigeria Berbagi Makanan Aktif Puasa untuk Umat Muslim Abuja

JawaPos. com – Indahnya toleransi antarumat beragama di Nigeria terbentuk saat bulan suci Ramadan. Saat matahari terbenam di atas ibu kota Nigeria, Abuja, pada Kamis (22/4) kemarin, Kardinal John Onaiyekan tiba di masjid Al-Habibiyah. Hampir 2. 000 pengikut Muslim telah berkumpul buat melakukan salat sebelum berbuka puasa Ramadan.

Mantan uskup agung Abuja itu tidak datang untuk memimpin misa, melainkan berbagi makanan buka puasa. Kurang menit kemudian, Kardinal John Onaiyekan membagikan piring-piring kepada sebagian besar pria muda yang bersemangat.

“Kami melakukan yang terkemuka untuk menyebarkan sikap keterbukaan karena kami percaya bahwa Tuhan tidak ingin anak-anaknya membunuh satu sama lain. Dia ingin kami hidup dalam damai. Jadi apapun yang bisa kami kerjakan untuk menggaungkan perdamaian harus kami lakukan, ” cakap Kardinal John Onaiyekan serupa dilansir Africa News.

Nigeria memiliki populasi lebih dari 200 juta orang. Pandemi Covid-19 merayu pendapatan dan pekerjaan masyarakat di Nigeria. Ramadan tahun ini menjadi tantangan bagi umat Muslim untuk lestari memenuhi kewajibannya.

Konflik di utara dan timur laut juga memperburuk kehidupan jutaan Muslim pada negara itu. Nigeria sudah tersentak oleh ketegangan antarumat beragama di masa cerai-berai.

“Semua melihat bahwa makanan yang awak makan diberikan kepada kami oleh seorang pemuka agama Katholik, seorang kardinal, dan semua orang tahu, ” sebut Fuad Adeyemi, Pemimpin Imam Masyarakat Islam Al-Habibiyyah.

“Ini membuktikan bahwa kita semua betul-betul bisa hidup bersama, kita bisa berteman dan mampu hidup damai, ” tambahnya.

Para ulama juga berdoa untuk perdamaian di Nigeria yang dilanda serentetan penculikan yang menetapkan sekolah-sekolah dalam beberapa minggu terakhir. Dan, serangan kepada tentara dan masyarakat biasa yang dilakukan oleh kawanan Boko Haram.