Liza Putrie Noviana Sempat Dirawat di ICU RS Silaturahmi

Liza Putrie Noviana Sempat Dirawat di ICU RS Silaturahmi

JawaPos. com – Tenaga kesehatan (nakes) memang rentan tertular virus korona. Apalagi nakes yang bertugas di rumah sakit perlu covid. Semua pasiennya ialah orang yang terpapar SARS-Cov-2.

Liza Putrie Noviana adalah satu sejak ratusan yang gugur kelanjutan berjuang menyelamatkan pasien dengan terpapar Covid-19. Saat melayani pasien, dia juga terpapar virus mematikan tersebut.

Sebelum meninggal, Liza Putrie Noviana sempat ditangani di IGD RS Penting Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada 3 Juni 2021. RSDC Wisma Atlet adalah tempat bekerja relawan perawat itu.

Kondisi Liza Putrie Noviana terus menurun. Dia harus dirujuk ke RS Persahabatan, Jakarta Timur di 8 Juni 2021. “Kondisinya (Liza) buruk. Saturasi mendarat menjadi 94 persen. Hangat, sesak nafas, dan batuk darah berdahak, ” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, Kamis malam (24/6).

Mayjen TNI Mulyo Aji memimpin langsung upacara pelepasan jenazah Liza Putrie Noviana menuju kampung halaman, Cilacap, Jawa Pusat, untuk dikebumikan.

Kondisi yang terus memburuk membuat Liza harus memakai alat bantu pernafasan ataupun ventilator. Hal itu menghasilkan perawat kelahiran perawat kelahiran 8 November 1987 itu menjalani perawatan intensif di ruang ICU RS Silaturahmi.