Membudidayakan Anggur Premium Dixon, Jiwa Manis yang Tahan Banting

Membudidayakan Anggur Premium Dixon, Jiwa Manis yang Tahan Banting

Dekat seluruh varietas anggur premium di Indonesia berasal dibanding luar negeri. Anggur Dixon, salah satunya. Sejumlah petani lokal pun telah jadi membudidayakan anggur asal Ukraina itu. Caca Supriatna oleh sebab itu seorang di antaranya.

—

MANIS . Fikrah rasa pembeda anggur premi dari yang lainnya. Dixon pun sama. Ia mempunyai tingkat kemanisan 19–22 Brix. Namun, yang paling menjadikan, bentuk dan warnanya khas. ”Dixon jadi salah mulia yang dicari saat ini, ” ujar Caca era ditemui di kebun tin dan anggur miliknya di daerah Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (23/7).

Caca mengiakan merupakan pemain baru dalam tanaman anggur ini. Namun, sudah sekitar 60 macam anggur impor yang diperbanyak olehnya dalam satu setengah tahun terakhir. Dixon merupakan salah satu primadonanya bergandengan Jupiter.

Tersedia dua jenis Dixon. Dixon dengan bentuk buah lengkap silinder dan lonjong. Sebab keduanya, silinder lebih elok ketika matang. Warnanya pula bikin mata melirik. Perpaduan oranye kemerah-merahan sangat menggoda. Tekstur buahnya pun kering dan padat. Tak aneh, harga untuk anggur tersebut mencapai Rp 100 seperseribu per kilogram untuk petik sendiri.

ASAL UKRAINA: Anggur Dixon yang lulus ditanam di daerah Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Anggur ini terkenal cantik dan paling cepat berbuah di antara varietas lainnya. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)