Menag Tegaskan Tak Ada Penyudahan Rumah Ibadah selama PPKM

Menag Tegaskan Tak Ada Penyudahan Rumah Ibadah selama PPKM

JawaPos. com – Pemerintah telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama hampir dua kamar, tepatnya sejak 3 Juli 2021. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pula memastikan bahwa selama PPKM, tidak ada penutupan vila ibadah.

Semasa PPKM pihaknya telah menjadikan sejumlah surat edaran (SE) yang mengatur pelaksanaan kesibukan atau keagamaan pada era pembatasan. SE tersebut diterbitkan dalam rangka membantu pencegahan dan memutusan mata pertalian penyebaran Covid-19.

’’Terkait PPKM, tidak ada penutupan tempat ibadah, dengan ada adalah pembatasan kegiatan peribadatan. Jadi, jika ada yang mengatakan penutupan tempat ibadah, saya pastikan tersebut adalah hoaks, ” perkataan dia dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI secara daring, Senin (30/8).

Kata pendahuluan dia, edaran yang telah diterbitkan tersebut dapat menjadi panduan dalam melaksanakan ibadah. Terutama untuk tetap menggembala keamanan dan kenyamanan klub.

’’Edaran tersebut menjadi ikhtiar lanjutan di dalam mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus memberi rasa aman & nyaman kepada masyarakat di dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dan penerapan protokol kesehatan 5M di tempat ibadah pada masa PPKM, ” sambungnya.

Selama PPKM, Menteri Agama setidaknya sudah menerbitkan enam edaran, yakni SE Nomor 20, 21, 22, 23, 24, & 25 tahun 2021. Informasi ini mengatur tiga hal pokok yaitu, tempat ibadah, pengelolaan tempat ibadah, & jamaah. (*)