Muhammadiyah Surabaya Siapkan 100 Titik Lokasi Salat Idul Fitri

Muhammadiyah Surabaya Siapkan 100 Titik Lokasi Salat Idul Fitri

JawaPos. com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanah air Surabaya menyiapkan 100 bintik lokasi Salat Idul Fitri pada 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 baik di langgar maupun lapangan yang tersebar di 31 kecamatan Tanah air Surabaya, Jatim.

Sekretaris Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Surabaya M. Arif An di Surabaya, Senin, mengatakan, pelaksanaan Salat Id sesuai dengan perintah Wali Kota Surabaya yakni disesuaikan dengan zonasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau bola lampu kelurahan.

“Acuan zonasi yang diterapkan di imbauan tentang Salat Id adalah zonasi pada rasio mikro data atau kawasan RW/Kelurahan yang masuk kawasan oranye. Tetapi dalam masukan yang masuk hampir semua RW/Kelurahan di Kota Surabaya masuk zona hijau, ” katanya.

Menurut dia, masjid/mushalla/lapangan atau tempat Salat Id yang berada dalam RW/Kelurahan yang tidak termasuk zona oranye atau abang, maka bisa dikatakan tidak termasuk dalam imbauan doa di rumah. “Karena itu, silahkan melaksanakan Salat Id di masjid, musholla, lapangan atau fasilitas umum yang lain, ” ujarnya.

Namun, kata dia, untuk daerah yang termasuk daerah oranye agar menerapkan aturan kesehatan secara ketat seolah-olah wajib berjarak, pakai masker, cek suhu badan sebelum masuk, sediakan hand sanitizer/tempat cuci tangan di sungguh dan sediakan masker untuk yang lupa bawa masker.

“Selain tersebut, jamaah disarankan membawa sak sandal dan dibawa meresap. Keluar bertahap, supaya tak berkerumun, ” kata Pandai An yang juga Kepala Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Surabaya itu.