Mujiaman: Pasang PDAM Gratis untuk Anak Miskin

Mujiaman: Pasang PDAM Gratis untuk Anak Miskin

JawaPos. com – Belum semua warga Surabaya mengakses fasilitas minuman PDAM. Biaya pemasangan instalasi tirta yang mahal menjadi penghalang. Mujiaman, calon wakil wali kota Surabaya nomor urut 02, memastikan masyarakat miskin bisa mendapatkan pemasangan gratis.

”Banyak warga disini belum teraliri PDAM, ” sebutan perwakilan RT 04 Kelurahan Dinding Dukuh, Kecamatan Bubutan, Minggu (25/10). ”Karena biaya pemasangan yang mahal, sekitar Rp 3 juta, secara alasan untuk bongkar aspal. Padahal, sebelumnya disebutkan gratis, ” lanjutnya.

Pembayaran biaya cairan bulanan sebenarnya bukan masalah untuk warga. Namun, biaya pemasangan dengan mahal membuat mereka tidak bisa mengakses fasilitas PDAM.

Mujiaman menegaskan bahwa fasilitas minuman bersih adalah hak asasi manusia. Semua warga Surabaya harus mendapatkan tanpa terkecuali.

”Saya bisa pastikan, bahwa untuk keperluan keluarga yang miskin, pemasangan jaringan PDAM adalah gratis, ” tegas Mujiaman.

Mujiaman yang pernah menjabat Dirut PDAM Surya Sembada juga memastikan warga yang status tanah tempat tinggalnya belum jelas akan mendapatkan layanan tirta bersih. Hal itu dimungkinkan mencuaikan master meter. Yaitu layanan PDAM kolektif, satu meteran besar buat sejumlah keluarga.

”Master meter adalah solusi, sudah tersedia 150 lebih master meter, telah membantu 10 ribu warga. Itu akan lebih kita maksimalkan supaya semua warga mendapatkan layanan PDAM, ” tegas lulusan ITS tersebut.

Dalam temu awak RT 01 sampai RT 07 itu, Mujiaman juga menegaskan pembangunan Surabaya akan dimulai dari RT, kampung-kampung. Anggaran Rp 150 juta memastikan program-program usulan RT bisa dieksekusi dengan baik. Sesuai kebutuhan masing-masing RT.

Saksikan video menarik berikut tersebut: