Oppo Reno 6, Punya Sifat Bokeh Sinematik ala Kamera Profesional

Oppo Reno 6, Punya Sifat Bokeh Sinematik ala Kamera Profesional

JawaPos. com – Bertempat di SMPT atau The Society of Motion Picture and Television Engineers pada Juni 2011 silam, Profesor Marc Levoy dari Departemen Ilmu Jinjing di Universitas Stanford menganjurkan ceramah teknis yang inovatif di mana ia berbagi visinya untuk masa depan fotografi digital.

Alih-alih memperebutkan megapixel, klaim Levoy, batas berikutnya dibanding fotografi digital akan terlihat dalam sebuah konsep dengan disebut fotografi komputasi. Tilikan Levoy kini menjadi suatu kenyataan dimana konsep fotografi komputasi menyebabkan pertumbuhan cepat pada fotografi smartphone.

Hal ini dimulai dengan Oppo yang memperkenalkan perangkat Reno 6 yang membawa teknologi tersebut. Oppo Reno 6 sendiri bakal dipasarkan di Indonesia di dalam waktu dekat.

Ponsel tersebut diklaim merupakan ponsel pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi Computational photography atau fotografi komputasi untuk perekaman video. PR Manager Oppo Nusantara Aryo Meidianto menjelaskan, fotografi komputasional memungkinkan produsen smartphone untuk memecahkan batasan perangkat keras.

“Dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligences (AI) dan komputasi yang diproses oleh prosesor istimewa seperti ISP (Image Signaling Processor) batasan perangkat membanting bisa dihilangkan, ” ujarnya melalui jumpa pers daring pada Senin (5/7).

Dia mengklaim, batasan ini berhasil ditembus Oppo dengan menghasilkan komputasional tak hanya dalam fotografi namun ke ranah video grafi. Reno 6 sendiri dikenal akan menjadi seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi.