Pengantara Ketua MPR Tolak Salat Jumat Pakai Aturan Ganjil Genap

Pengantara Ketua MPR Tolak Salat Jumat Pakai Aturan Ganjil Genap

JawaPos. com – Usulan menerapkan Salat Jumat dengan sistem bergilir, dua gelombang, atau dengan sistem ganjil genap berdasar nomor handphone jamaah, ditolak keras oleh Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

“Saya sangat tidak setuju usulan tersebut, ” ujarnya, Jakarta, Kamis (18/6)

Menurut politikus PKB itu, ibadah Salat Jumat harus dalam keadaan khusyu’dan menyenangkan, sehingga ibadah wajib bagi kaum pria umat Islam itu janganlah dipersulit.

Ditegaskan, istilah Doa Jumat bergilir, ganjil genap, perut gelombang, atau Jum’atan New Normal itu tidak ada.   Bahkan, Jazilul yang merupakan Koordinator Nasional Nusantara Mengaji itu menegaskan, dalam melakukan Salat Jumat harus yakin dan mantap.

“Kalau sudah merasa yakin aman, sungguh sudah dibuka saja. Jangan setengah-tengah, ” tambahnya.

Usulan Salat Jumat dengan sistem miring genap, menurut pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur itu juga hanya akan mempersulit kaum muslimin yang hendak menunaikan kawajibannya.

“Setahu saya agama itu mudah, ‘addinu yusrun, ” paparnya.

Lebih lanjut, Jazilul mengatakan, dirinya setuju secara dibukanya masjid untuk pelaksanaan Doa Jumat, namun mengacu pada aturan kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ia tidak sepakat dengan protokol kesehatan yang diusulkan oleh Jawatan Masjid Indonesia (DMI).

Sebelumnya DMI mengeluarkan SE Nomor 105-Khusus/PP-DMI/A/VI/2020 tertanggal Selasa 16 Juni 2020. Dalam surat edaran tersebut berisi tata cara Salat Jumat yang dibuat dua gelombang secara aturan ganjil-genap yang didasarkan di dalam nomor handphone jamaah.

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla dan Sekjen DMI Imam Addaraqutni itu merincikan, apabila keadaan Jumat bertepatan dengan tanggal asing maka jamaah yang memiliki nomor handphone berakhiran ganjil melaksanakan Doa Jumat gelombang pertama. Sedang jamaah haji yang memiliki nomer handphone sempurna, mendapat kesempatan Salat Jumat gelombang kedua. Begitu sebaliknya. ‎

Saksikan video menjadikan berikut ini: