Perangkat QR Code PeduliLindungi di Taman Kota dan Tahura Surabaya

Perangkat QR Code PeduliLindungi di Taman Kota dan Tahura Surabaya

JawaPos. com – Delapan taman tanah air akan kembali dibuka dengan protokol kesehatan (prokes). Tercatat pemasangan QR code pelaksanaan PeduliLindungi di pintu merembes taman. Namun, dinas kebersihan dan ruang terbuka muda (DKRTH) yang mengelola taman-taman itu harus berpedoman di dalam instruksi Mendagri terkait penetapan level kondisi persebaran Covid-19.

Untuk negeri timur, ada Taman Flora, Taman Harmoni, serta Kebun Bibit Wonorejo. Di provinsi selatan ada Taman Pelangi. Taman Prestasi dan Rajin Ekspresi di pusat Surabaya. Di sebelah barat, DKRTH menyiapkan Taman Cahaya, Benowo. Di kawasan utara dengan dipilih adalah Taman Memori.

Plt Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin menjelaskan, seluruh wahana di dalam taman harus disterilkan pra serta selepas kunjungan awak. Di setiap sudut taman, DKRTH menyiapkan pengumuman prokes. Hand sanitizer juga disediakan.

”Pemasangan barcode aplikasi PeduliLindungi juga sudah, ’’ paparnya.

Pembukaan fasilitas kota itu memang sudah dinanti awak. Sebab, taman di Surabaya tidak hanya menjadi tempat terbuka hijau (RTH). Tetapi, taman juga berfungsi jadi tempat rekreasi serta pekerjaan warga. ”Harapan saya (taman buka, Red) sebelum November, ’’ ucapnya.

Selain taman, pemkot menyiapkan pembukaan taman hutan sundal (tahura) serta kebun awam mangrove (KRM). Jumlahnya 12 lokasi.