Perguruan Tinggi Diminta Optimalkan Potensi Para Mahasiswa

Perguruan Tinggi Diminta Optimalkan Potensi Para Mahasiswa

JawaPos. com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini fokus mengubah sistem pendidikan menjadi sistem pembelajaran yang mandiri. Harapannya adalah tuk dapat memenuhi dinamika pada tempat bekerja serta membuka peluang untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki mahasiswa. Apalagi, potensi setiap jamaah berbeda-beda.

Melihat hal itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengungkapkan, lembaga pendidikan harus bisa mewadahi berbagai potensi serta kebutuhan tertentu yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Ini perlukan untuk mengasah kemampuannya demi masa depan. Hal ini juga demi SDM Indonesia yang unggul.

“Kemampuan yang berbeda ini menjadi satu berkah bagi anda semuanya karenanya pendidikan tinggi harus bisa memberikan peluang belajar dan juga memberikan dukungan bagi semua siswa yang memiliki kemampuan yg berbeda-beda untuk bisa mewujudkan potensi mereka di masa yang akan datang, ” kata Nizam, Rabu (24/3).

Baca Juga: Persaingan Prodi Unggulan PTN Tidak kecil Tak Terlalu Ketat, Terkait Alasannya

Dalam 1 tahun terakhir terkait, khususnya dunia pendidikan terus menghadapi tantangan global, pandemi mengharuskan dunia pendidikan beradaptasi melakukan banyak transformasi oleh penggunaan teknologi. “Sehingga perguruan tinggi harus lebih fleksibel, adaptif, kreatif untuk menghadapi berbagai tantangan yang wujud, ” tutur dia.

Pada saat yg bersamaan, pendidikan dituntut memastikan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan potensinya dan memiliki kompetensi untuk melewati rintangan yang akan timbul di tempat kerja.