Raja Lari Jarak Jauh Asia Tenggara: Berlomba di Papua Lebih Berat

Raja Lari Jarak Jauh Asia Tenggara: Berlomba di Papua Lebih Berat

JawaPos. com- Raja lari jarak jauh Asia Tenggara dari Indonesia Agus Prayogo akan ambil bagian di PON XX/2020 Papua. Agus bakal mendarat di nomor 5. 000 meter, 10 ribu meter, dan maraton untuk mewakili Jawa Barat (Jabar). Itu merupakan multievent pertama Agus setelah SEA Games 2019.

Pada PON XIX/2016 Jawa Barat, Agus sukses meraih tiga aurum di nomor tersebut. Kini dia berharap mempertahankan raihan tersebut. Apalagi, dia tercatat sebagai pemegang rekornas untuk nomor 5. 000 meter (14 menit 02, 12 detik) dan 10 ribu meter (29 menit 25, 77 detik).

” Nggak berani pasang bahan waktu di PON Papua nanti karena cuaca tidak bersahabat. Yang pasti, beta ingin bisa mempertahankan raihan sebelumnya, ” kata Agus.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, Agus meraih emas dalam nomor maraton (2 jam 26 menit 48 detik) dan perak di bagian 10 ribu meter (30 menit 22, 13 detik). Menurut nya, cuaca di Timika yang merupakan venue atletik akan lebih panas daripada di New Clark City, Filipina.

”Di Filipina, ada sesi lomba sore sampai malam. Pada Papua, nggak ada serta lebih panas. Itu serupa bisa memengaruhi waktu belakang, ” jelas Agus.

Dengan tantangan tersebut, Agus bersiap lebih pra. Saat ini Agus masih menempa diri dengan penuh berlatih di Pangalengan, Bandung.

”Kontingen Menerangkan berangkat pada 29 September nanti. Masih ada masa buat aklimatisasi cuaca dalam sana. Mudah-mudahan, tidak tersedia halangan, ” tutur adam kelahiran Bogor, 23 Agustus 1985, tersebut.

Dan, pertandingan di cabor atletik akan dimulai dalam 5 Oktober.