Semua Presiden Perhatian dengan Papua, Tapi Jokowi Luar Biasa

Semua Presiden Perhatian dengan Papua, Tapi Jokowi Luar Biasa

JawaPos. com – Setiap masa ada sosoknya. Setiap presiden ada masanya. Selama ini Papua relatif mendapat perhatian dari setiap presiden yang memimpin warga ini. Namun, sosok Presiden Jokowi dianggap lebih menjawab terhadap Bumi Cenderawasih.

Pengakuan itu dikemukakan oleh Duta Besar Pengasuh Papua Michael Manufandu. Tempat menilai, semua Presiden Indonesia sangat perhatian dengan Papua. Tapi, Jokowi selama enam tahun menjabat memberikan menghiraukan istimewa. Buktinya berdasar petunjuk yang dimiliki Michael Manufandu, Presiden Jokowi sudah 15 kali berkunjung ke Papua.

“Dulu terbatas dalam infrastruktur seperti jembatan dan sekarang meningkat cepat. Harga tarif bahan mengobarkan juga telah sama secara daerah lainnya, ” perkataan Michael Manufandu dalam suatu diskusi webinar Papua Podcast yang digelar Perhimpunan Eropa untuk Indonesia.

Michael mengaku menjadi bukti bahwa pembangunan di Papua sangat maju, bahkan lebih maju daripada negara-negara pasifik. Kini sudah terbangun timah sepanjang 4. 231 km. Alhasil, Papua yang terdiri atas 42 kabupaten serta 560 distrik itu sudah bisa dilewati dengan mobil. “Lapangan terbang bahkan ada 5 landasan internasional. Dulu gelap sekarang dapat listrik. Ini kemajuam spektakuler, ” paparnya.

Baca  juga: KKB Makin Kejam, Pemangku Ketua MPR: Evaluasi Kebijaksanaan Dana Otsus Papua

Menurut dia, saat ini pemerintah pusat memberikan otonomi seluas-luasnya ke Papua. Pemerintah daerah di Papua mendapat wewenang anggaran tinggi. Pemerintah tidak melakukan intervensi dengan anggaran luar natural itu.