Sri Kis, Kepala SDN Margorejo I/403 Getolkan Literasi Lingkungan

Sri Kis, Kepala SDN Margorejo I/403 Getolkan Literasi Lingkungan

Awalnya, kegiatan menulis menjadi passion pribadi dalam diri Sri Kis Untari. Lantas, dia menularkan kegemaran itu kepada pengasuh, staf sekolah, dan siswa. Hingga mereka ketagihan berliterasi sekaligus bikin karya di bentuk buku.

NURUL KOMARIYAH, Surabaya

SUATU   kali, Kepala SDN Margorejo I/403 itu bertanya pada beberapa kawannya mengenai kemungkinan untuk menerbitkan buku. Tetapi, jawaban yang didapatnya selalu sama. Menulis dan membukukan tulisan itu bukan kejadian mudah. Pasti sulit & bahkan hampir mustahil.

Hingga kemudian dia menemukan kesempatan mengikuti pelatihan menulis gratis yang digagas Rumah Menulis Al Grip pada Maret 2020. Semasa tiga hari Kis menjadi salah seorang peserta. ”Belajar langsung sama Najib Sulhan, pendirinya. Dari latihan tersebut, saya tahu bahwa menulis tidak sulit. Rasanya beta mulai ditunjukkan oleh Dengan di Atas kalau menyusun itu mudah, ” ujarnya.

Demi bertambah menyeriusi belajar mengenai kepenulisan, pasca pelatihan Kis lantas bergabung sebagai anggota setia di sana.

Tulisannya pun dibukukan dalam dua antologi esai bergabung anggota penulis lainnya. Kis semakin termotivasi. Lantas, tempat mulai mengajak guru-guru dalam sekolah yang dipimpinnya untuk menjajal kegiatan menulis.

”Namanya mengajak jelas ada yang mau dan ada yang tidak. Tersebut sudah saya pikirkan sebelumnya. Maka supaya mereka bersetuju, sebelum mengajak, saya telah siapkan strategi, ’’ nyata dia. Kis menunjukkan dua tulisannya yang dibukukan di dua buku antologi tulisan. Sembari menunjukkan dua kunci tersebut, dia meyakinkan abu dan ibu guru bahwa menulis tidaklah sesulit dengan dibayangkan.

Daripada situ timbullah keinginan guru-guru untuk menulis. Mereka meluluskan untuk menulis mengenai cara atau cara pembimbingan status daring bagi siswa. Kis menyebut, tema seperti tersebut memudahkan guru-guru sebagai penulis pemula untuk mengeksekusi pendirian.