Sudah Disebarkan ke Faskes, Simpanan Vaksin AstraZeneca di Sidoarjo Habis

Sudah Disebarkan ke Faskes, Simpanan Vaksin AstraZeneca di Sidoarjo Habis

JawaPos. com – Vaksinasi tahap ke-2 berjalan sampai sekarang. Had Rabu (14/4), fasilitas kesehatan tubuh (faskes) melakukan penyuntikan. Namun, stok vaksin AstraZeneca pada gudang penyimpanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo telah beres.

Puluhan ribu dosis vaksin telah terdistribusi ke faskes. Mulai puskesmas, rumah sakit, hingga klinik. Dinkes masih memiliki persediaan untuk vaksinasi yang kudu segera dituntaskan. Sebab, periode kedaluwarsa vaksin AstraZeneca tak terlalu lama. Tinggal sebulan. Target penggunaan vaksin yang tersedia paling akhir bulan ini.

Sebanyak 91 titik vaksinasi kendati berlomba-lomba menyelesaikan target tersebut. Di puskesmas, setiap hari ada jadwal vaksinasi. Dalam sehari, terdapat beberapa aliran.

”Di dinkes, vaksin AstraZeneca kosong. Sudah habis. Tapi, faskes masih memiliki stok karena telah kami distribusi, ” sahih Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarman.

Pembagian itu dilakukan sejak minggu lalu. Dengan begitu, minggu ini vaksinasi dapat berjalan maksimal. Target penyuntikan dengan ribuan sasaran bisa dipenuhi. Tidak ada vaksin tersisa yang sudah tidak bisa dimanfaatkan karena melebihi zaman kedaluwarsa.

Menurut Syaf, saat ini vaksin yang masih ada di tempat penyimpanan hanya Sinovac. Namun, jumlahnya juga tak banyak. Tidak sampai bermacam-macam dosis. Vaksin itu masih tersimpan karena masa kuno lebih lama.