Tak Ada Lagi Apel Fuji, Pakan Satwa Gembira Loka Semua Produk Lokal

Tak Ada Lagi Apel Fuji, Pakan Satwa Gembira Loka Semua Produk Lokal

JawaPos. com – Pandemi Cavid-19 telah menghantam seluruh sendi kesibukan, tak terkecuali pengelolaan kebun fauna. Salah satunya, Kebun Binatang Gembiro Loka atau Gembira Loka Zoo (GLZoo) tutup sementara akibat pendemi korona. Meskipun begitu, pengelola GLZoo memastikan stok kebutuhan pakan dan nutrisi satwa yang ada dalam kebun binatang terjamin.

Plt Kabag Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan seperti dikutip Radar Jogja, Kamis (7/5), menyampaikan semasa pendemi korona ini stok kebutuhan pakan untuk para satwa damai. Tidak ada kendala apapun serta stok tersedia bagi semua satwa.

Dia menyebutkan, buat nutrisi pakan tetap tercukupi serta terpenuhi dengan baik. Sesuai secara standar operasional prosedur (SOP) buat tetap selalu menjaga kesehatan & kesejahteraan para satwa. “Tidak tersedia pengurangan, ” jelasnya.

Hanya saja, selama pendemi korona ini ada beberapa antisipasi dengan dilakukan pihak pengelola dalam memberikan makanan kepada satwa. Yakni memastikan jenis pakan yang harganya bertambah terjangkau dari biasanya. “Misalnya kalau biasanya menggunakan apel Fuji sekarang memilih apel yang lebih terjangkau harganya, ’’ jelas Fahmi. “Untuk pendanaan pengadaan pakan tetap tersedia, karena ada dana darurat serta cadangan, ” katanya.

Selain selalu memperhatikan pakan serta memberikan pakan secara rutin terhadap satwa, perawatan dan kesehatan pun juga tak luput dari perlindungan pengelola. Ini agar satwa lestari sehat dan tidak stres. Untuk pengecekan kesehatan tetap rutin dikerjakan. Perbedaannya, saat pendemi ini tabib hewan yang stand by bertukar. “Biasanya ada lima dokter hewan setiap hari, sekarang tiga yang stand by, ’’ ungkap tempat.

Saat ini, kumpulan satwa yang ada di GL Zoo saat ini sekitar 1. 200 ekor. Baik yang berada di kandang akomodasi maupun dengan di displai.