UK Petra Ajak Generasi Muda Pahami Literisasi Keuangan

UK Petra Ajak Generasi Muda Pahami Literisasi Keuangan

JawaPos. com – Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Investment Festival 2020. Di mana satu diantara tujuannya adalah untuk memberikan les mengenai literasi keuangan kepada masyarakat, khususnya siswa dan mahasiswa.

Ketua Program Studi Finance and Investment, Fakultas Ekonomi serta Bisnis UK Petra Mariana Ing Malelak mengatakan, kegiatan ini serupa dilakukan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-13 Program Studi Finance and Investment UK Petra.

“Ini adalah salah utama kegiatan yang sifatnya adalah untuk memberikan edukasi dengan target audience beragam, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, masyarakat umum, ” ungkap dia kepada JawaPos. com , Jumat (25/9).

Terdapat beragam kegiatan, mulai dari seminar hingga lomba. Buat seminar, dimulai dari personal finance, kemudian bagaimana memulai berinvestasi saham untuk pemula. Kemudian ada kegiatan digital entrepreneurship serta pengelolaan real asset sebagai penutup Investment Kegiatan 2020.

“Harapannya di dalam saat mereka lulus, mereka punya alternatif selain apply kerja pada perusahaan, misalnya mengembangkan startup business, ” imbuhnya.

Berarakan, untuk acara lomba, terdapat 4 aktivitas. Salah satunya adalah online trading, di mana pihaknya menganjurkan edukasi kepada anak SMA melanggar saham dengan sebuah game. Maklumat trading pun dibuat sendiri oleh UK Petra, namun tetap memakai data langsung dari Bursa Pengaruh Indonesia (BEI) dengan modal fiktif.

Lomba trading tersebut dalam rentang waktu 3 minggu, yakni dari awal 1 datang 20 September. Untuk pemilihan pemimpin, standarnya dilihat dari hasil transaksi, apakah jual beli (saham) tersebut untung atau tidak, kemudian berapa persen ROI (return of investment) yang didapat.

“Kita minta dia cerita dari mana kok bisa dapet untung, tersebut kita minta dalam bentuk paper. Dari itu nanti kita hendak tentukan siapa pemenangnya, ” ujarnya.

“Harapannya ketika tersebut terlibat dalam trading, dia punya pengalaman lengkap sebagai seorang investor saham, itu (pengalaman lomba) tempat bisa buat praktiknya untuk trading, ” sambungnya.

Kemudian ada juga lomba first rank dengan format cerdas cermat. Semrawut, game ketiga adalah e-poster bertemakan secure of saving.

“Kita ingin tau apa yg ada dibenak peserta terhadap saving, kalau seseorang melakukan aktivitas saving, Apa yang diharapkan oleh karakter tersebut, itu dituangkan dalam bentuk visualisasi atau poster. Terakhir merupakan award kepada mahasiswa kita yang berprestasi di program finance and investment, ” terang Maria.

Dalam satu diantara seminar menimpa edukasi saham untuk pemula, Pekerja Saham Antonius Tri Santoso menjelaskan, kemauan untuk belajar merupakan substansi seorang trader. Para pemula kudu memiliki modal awal dengan daya berpikirnya.

“Harus mau belajar, developing skill supaya nanti ketika dalam kondisi market apapun, mau bearish (saham turun) kayak gini, ataupun bullish (saham naik), dia tetap bisa cuan (untung). Ngga peduli market seperti barang apa, dia tetap bisa mengontrol dirinya sendiri, karena seorang trader tersebut asetnya adalah dirinya sendiri, tidak market ataupun orang lain, ” ungkapnya.

Dia pula memberikan masukan untuk para bahan investor muda, mereka harus mewaspadai akan resiko yang ada pada depan mata. Contohnya, ketika membeli saham seharga Rp 1 juta, akan tetap dalam beberapa masa, saham emiten tersebut turun menjelma Rp 900 ribu, dalam masa itu para trader pun harus mengambil langkah yang tepat.

“Ikhlaskan Rp 100 seperseribu. Stop dulu lah, itu tadbir resiko, itu kita mempertahankan modal kita supaya ngga habis. Sia-sia kita trading (modal ngga ada), ” ucap dia.