Ulangan Swab Seluruh Petugas KPU, Pemkot Surabaya Siapkan Tracing

Ulangan Swab Seluruh Petugas KPU, Pemkot Surabaya Siapkan Tracing

JawaPos. com –Langkah cepat langsung diambil Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk melakukan tes swab pada petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya. Tes dilakukan pada Jumat (11/9) di Gelora Pancasila.

Menurut Wakil Koordinator Ikatan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya M. Fikser, Pemkot sudah melakukan tes swab dalam setengah dari jumlah keseluruhan personel KPU.

”Jadi yang pertama untuk komisioner, sudah melangsungkan swab secara mandiri. Sedangkan untuk semesta petugas yang ada di sekretariat di KPU sekitar 46 orang, ” ujar Fikser pada Jumat (11/9).

Fikser menambahkan, tes akan dilakukan secara berantara. ”Dari 46 orang itu, separo sudah dilakukan hari ini (11/9), Sabtu juga dilakukan separonya, dilaksanakan di Gelora Pancasila, ” logat Fikser.

Selanjutnya, buatan swab akan diterima petugas KPU di waktu tiga hari. Usai buatan diterima, mereka akan mendapatkan pengerjaan lanjutan. ”Kalau hasil itu sama ketahuan sekitar dua hingga 3 hari, dia sudah tahu. Tapi data itu kan harus terkirim ke kementerian, dari sana dikirim ke provinsi, dari provinsi semrawut ke pemkot, ” terang Fikser.

Ketika ditanya mengenai kelanjutan proses pemilihan wali kota (pilwali), Fikser belum dapat menguatkan. Hal tersebut terkait hasil tes swab seluruh anggota KPU Surabaya. ”Kita belum sampi kesana. Akan ada diskusi dalam satgas.   Oleh sebab itu yang telah kita lakukan ialah melakukan swab kepada seluruh petugas KPU Kota surabaya, ” tegas Fikser.

Menurut Fikser, telah menyiapkan proses tracing bila ada petugas KPU yang dinyatakan positif. ”Pastinya pemkot melakukan tracing , seperti yang dilakukan semasa ini. untuk memutus rantai persebaran Covid-19, ” ujar Fikser.

Sementara itu, Ketua KPU Nur Syamsi mengatakan, tes swab hendak dilakukan pada seluruh petugas KPU. Dia menambahkan, sebelumnya KPU sudah melakukan pengecekan kesehatan berkala setiap bulan. ”Swab dilakukan berkala. Tersebut termasuk program berkala, ” perkataan Nur Syamsi.

Saksikan video menarik berikut itu: