Unesa Siapkan Konten Pembelajaran Daring PAUD hingga SMA

Unesa Siapkan Konten Pembelajaran Daring PAUD hingga SMA

JawaPos. com – Dalam tengah pandemi Covid-19, kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan. Namun, dengan memakai teknologi. Artinya, proses pembelajaran jarang siswa dan guru dilakukan secara daring. Penyedia layanan pendidikan digital pun bermunculan. Baik itu meniti media televisi maupun internet.

Kebutuhan tersebut membuat Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ikut berkontribusi. Mulai Senin (13/7), pihak kampus akan memulai pembuatan konten pembelajaran daring yang pertama.

”Ingin memberikan pengalaman belajar pada mana pun dan kapan kendati siswa berada, ” ucap Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan.

Nurhasan menyatakan, belajar daripada rumah tidaklah mudah. Walau bisa bertatap muka secara online, pengasuh tetap membutuhkan visual dalam penelaahan. Karena itu, pihaknya berupaya menganjurkan kemudahan tersebut dengan cara menghasilkan konten daring. ”Sudah kita siapkan fasilitas studio untuk pembuatannya, ” katanya.

Sebenarnya, servis pembelajaran daring sudah banyak. Namun, jelas Hasan, konten akan dibuat lebih kreatif dan menarik sehingga memudahkan siswa belajar. Kebanyakan servis yang sudah ada menyediakan pelajaran umum. Tidak berjenjang. ”Kami untuk materi pembelajaran daring sesuai tinggi dan spesifik. Mulai PAUD hingga SMA, ” terangnya.

Tidak hanya itu, para pendidik juga dapat memanfaatkan studio untuk membahas mata kuliah secara daring. Bahkan, guru sekolah yang ingin dibuatkan konten pembelajaran bisa hidup sama dengan kampus.

Hasan memastikan setiap konten pembelajaran yang dibuat sesuai kurikulum. Misal, pelajaran matematika. Tim kreatif hendak membuat gaya pembahasan yang mengakui dan mudah dipahami. Kemudian, rancangan tersebut diverifikasi oleh tim pandai pendidikan sesuai bidang. Apakah serasi kurikulum atau belum. Jika sudah, bisa lanjut ke produksi gambar.

Hasan berharap pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat melancarkan anak. Walau di rumah, mereka bisa menerima materi pembelajaran secara online. Konten pendidikan yang ditampilkan pun mudah dimengerti. ”Orang usang juga harus memantau belajar anak. Jangan terlena dibiarkan bermain, ” pesannya.

Sebelum melakukan pembuatan konten pembelajaran daring yang pertama, tim studio melakukan tiruan kemarin (9/7). Salah seorang presenter dari alumnus Unesa menyampaikan ulasan pelajaran bahasa Indonesia di pendahuluan kamera. Gayanya luwes. Tutur prawacana yang disampaikan pun mudah dipahami. ”Hari ini yuk kita membiasakan bersama tentang kebiasaan hidup karakter Indonesia, ” jelasnya.

Herma Prabayanti, tim divisi buatan audiovisual humas Unesa, mengatakan bahwa pembahasan yang menarik dibuat bersandar riset. ”Konten video mana yang sering ditonton oleh anak pada YouTube misalnya, ” ujarnya. Tempat melanjutkan, popularitas video akan mengikat gaya pembelajaran daring sesuai pilihan anak. ”Mereka suka tampilan gambar animasi dan penuh warna, ” tambahnya.

Herma membuktikan, Senin depan pihaknya akan melakukan produksi yang pertama. Sambil bekerja sama dengan Lab School Unesa, guru akan menjelaskan materi penelaahan untuk anak PAUD. ”Biar memikat, penyampaiannya menggunakan boneka tangan, ” ucapnya.

Saksikan video menarik berikut ini: