Update Android 11 Dikeluhkan Banyak Perkara

Update Android 11 Dikeluhkan Banyak Perkara

JawaPos. com – Versi resmi Android 11 sekarang tersedia. Tetapi tersebut bukan pembaruan yang langsung sempurna tanpa bug. Menurut laporan terbaru, pengguna mengalami bug atau serangkaian masalah yang merusak multitasking pada bentuk ini.

Dilansir melalui Gizchina, bug di Android 11 dilaporkan sampai merusak kemampuan pemakai untuk menggeser ke atas dan melihat aplikasi yang baru-baru itu digunakan. Ini adalah fitur dengan sangat populer bagi banyak pengguna smartphone, sehingga tidak bisa lolos dari perhatian.

Selain itu, bug pada Android 11 dilaporkan juga bahkan sampai melaksanakan smartphone berkedip hitam dengan hasil zoom yang aneh. Ini menghalangi pengguna membuka aplikasi lebih jauh. Kesalahan multitasking muncul di seluruh perangkat Pixel yang diperbarui ke Android 11, termasuk Pixel 2, 3, 4, dan bahkan 4a.

Masalah ini boleh menjadi masalah yang tersebar luas dan ada laporan di berbagai platform. Banyak keluhan soal Android 11 dilaporkan di platform perbincangan Reddit, Forum Komunitas Pixel, serta bahkan Forum Dukungan Android 11.

Apakah ada perbaikan cepat untuk masalah ini? Sungguh, beberapa pengguna untuk sementara “memecahkan” masalah ini hanya dengan menutup dan membuka kunci perangkat mereka. Namun ini bukan solusi masa panjang karena masalah tersebut mampu muncul kembali.

Untungnya, Forum Dukungan Android 11 (IssueTracker), Google telah menanggapi masalah itu. Perusahaan menyebut akan merilis perubahan di pembaruan berikutnya.

Selain masalah multitasking dan adang-adang hitam berkedip, ada laporan mengenai aplikasi kamera yang mogok ataupun berhenti tiba-tiba di sistem terbaru Google. Seorang pengguna Pixel 3a yang memperbarui perangkatnya ke Android 11 menunjukkan bahwa setelah pembaruan, dia tidak dapat lagi merapikan foto yang diambilnya.

Selain itu, saat beralih ke mode video, aplikasi kamera mengalami gangguan. Seorang pengguna Pixel 2 juga mengklaim bahwa kameranya berfungsi dengan sangat baik sampai tempat memperbarui ke Android 11 dua hari lalu.

Sekarang, kamera tidak bisa lagi berfungsi. Ada keluhan layar hitam ataupun aplikasi langsung tertutup secara tiba-tiba. Baik mengosongkan cache atau melakukan ulang ponsel tidak menyelesaikan perkara ini.

Sampai zaman ini, belum ada konfirmasi bahwa masalah ini terkait dengan pola terbaru Google. Seorang pengguna Pixel kembali dari sistem terbaru ke Android 10, tetapi masalahnya tidak hilang. Selanjutnya, melakukan reset pabrik juga tidak membantu. Sampai saat ini, belum ada tanggapan resmi dari Google terkait masalah tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini: