Urusan Covid-19 Melonjak, Warga Terdampak Terbantu Relawan

Urusan Covid-19 Melonjak, Warga Terdampak Terbantu Relawan

JawaPos. com – Kasus covid-19 belakangan ini melonjak tajam. Bahkan rekornya tertinggi pada sepanjang pandemi melanda Indonesia. Yakni 38. 391 kejadian positif pada Kamis (8/7).

Tingginya kejadian Covid-19 itu disertai secara kebijakan pemerintah yang menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan kelompok (PPKM) darurat di Pulau Jawa-Bali. Hal itu berdampak pada kondisi ekonomi klub yang harus bekerja sebab rumah. Situasi pun menjadi sulit.

Di tengah situasi yang suram ini, muncul rasa afeksi dari berbagai kalangan asosiasi lain untuk meringankan bagasi masyarakat. Setidaknya membantu meringankan kebutuhan logistik sehari-hari, sebagaimana yang dilakukan Komunitas Berhubungan Untuk Warga. Anggota masyarakat tersebut membagikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Isinya berupa sasaran, sembako, dan alat kesehatan.

“Sejak masuknya virus delta, masyarakat merasakan dampak yang sangat berat sekali, ” ujar Urip Widodo, ketua Komunitas Bergabung untuk Warga kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/7).

Lantas Urip bersama rekan-rekannya bergerak untuk membuat donasi yang dibagikan kepada masyarakat terdampak. Bantuan memang tidak banyak, tetapi setidaknya dapat meringankan bagasi warga yang terdampak atau yang membutuhkan.

“Berupa sembako dan beberapa alat kesehatan. Pendistribusiannya kami prioritaskan untuk masyarakat yang kesulitan, ” ujar Urip.

Selain rekan-rekannya, Komunitas Untuk Warga mendapat respons dari para donatur. Sehingga, tidak sedikit para donatur menitipkan lewat mereka.

Dengan tingginya kasus ini, Urip Widodo tetap mengajak masyarakat buat tetap menaati protokol kesehatan tubuh. Setidaknya dengan cara tersebut, mata rantai penularan mampu terputus.

“Yang penting masyarakat tetap kudu menggunakan masker, cuci lengah, dan menghindari kerumunan. Peraturan dengan cara itu setidaknya bisa menekan angka covid 19, ” tuturnya.