Waspadai Gangguan Sistem Pencernaan GERD

Waspadai Gangguan Sistem Pencernaan GERD

JawaPos. com – Penyakit yang berkaitan dengan asam lambung salah satunya ialah kembalinya asam lambung ke tenggorokan yang disebut GERD (gastroesophageal reflux disease). GERD merupakan salah mulia gangguan pencernaan yang harus diwaspadai masyarakat. GERD dikenal sebagai keburukan asam lambung dan apabila sering kambuh atau kumat lebih dibanding tiga bulan statusnya menjadi kritis. GERD ditandai dengan nyeri di ulu hati atau sensasi terbakar di dada disertai rasa asam atau pahit di mulut. Kejadian itu terjadi akibat naiknya masam lambung ke tenggorokan.

Rumah Sakit (RS) Darmo Surabaya mengantisipasi permasalahan itu dengan merancang tenaga medis dan infrastruktur yang memadai. Yakni, dokter spesialis gastroenterologi dan alat penunjang yang canggih.

RS Darmo Surabaya memiliki penanganan tepercaya dalam bidang tersebut. Keandalan itu didukung oleh dokter spesialis gastroenterologi berkeahlian istimewa dalam mengobati berbagai gangguan dalam saluran pencernaan. Gastroenterologi merupakan semacam bidang medis yang khusus menggarap berbagai penyakit pada sistem penyerapan. Hal itu meliputi tenggorokan, terbang, hati, sistem empedu, pankreas, usus halus, usus besar, hingga pantat.

”GERD merupakan salah satu gangguan yang kerap ditemui di kalangan masyarakat, apalagi para-para milenial. Sebab, hal itu dipicu dari kebiasaan mereka yang suka makan tanpa peduli efek setelahnya. Misalnya, langsung tidur setelah prasmanan, ” ungkap Dokter Spesialis Keburukan Dalam RS Darmo Surabaya dr Pangestu Adi SpPD KGEH.

Dr Pangestu menjelaskan, GERD terjadi ketika katup tenggorokan bagian bawah melemah. Bila otot itu lemah, katup akan mudah terkuak sehingga asam lambung dapat naik kembali ke tenggorokan. Selain berlaku pada orang yang sering menggeletak atau tidur setelah makan, kedudukan itu juga lebih berisiko di dalam orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, perokok, dan perempuan hamil.

RS Darmo memiliki prosedur medis yang lulus lengkap untuk menangani gangguan bentuk pencernaan tersebut. Pasien akan ditangani dokter spesialis gastroenterologi dengan peralatan medis lengkap dan canggih. Salah satunya dengan endoskopi. Yakni, jalan pemeriksaan yang bertujuan melihat status saluran pencernaan secara visual dengan menggunakan alat bernama endoskop. Selain untuk pemeriksaan, endoskop juga bisa digunakan sebagai prosedur terapi dan pengobatan.

”Endoskop berbentuk seperti selang lentur yang dilengkapi dengan kamera di ujungnya. Sedang lentur tersebut dilengkapi dengan cahaya untuk memeriksa sistem pencernaan yang bermasalah. Teknologi endoskop sangat diandalkan karena dapat mempermudah para sinse dalam menangani penyakit pada terusan pencernaan, ” papar dr Pangestu.

Dr Pangestu memasukkan, endoskop dapat dimasukkan ke di tubuh melalui rongga mulut, indra, dan dubur. Selain untuk tatapan organ tubuh secara visual, endoskopi juga dapat memfasilitasi dokter untuk melakukan tindakan atau terapi. Misalnya, mengatasi perdarahan yang terjadi pada tenggorokan, lambung, usus halus, & usus besar.

Tersedia pula tindakan lain seperti membuang batu di saluran empedu dan memasang stent di saluran empedu atau pankreas yang menyempit dengan tindakan yang disebut ERCP (endoscopic retrograde cholangiopancreatography).

Provokasi pencernaan bisa dialami siapa saja. Untuk itulah Anda harus memeriksakan diri ke dokter bila merasai gejala pada gangguan saluran penyerapan. Gejala tersebut, antara lain, sering merasa sakit perut atau nyeri ulu hati, sulit menelan makanan tanpa diketahui penyebabnya, sering turun, pendarahan, muntah hitam, diare, sembelit, hingga buang air besar melempem hitam atau berdarah. Gejala lain yang juga dapat muncul ialah warna kulit dan bola lengah menguning disertai demam dan mengalami tidak nyaman atau nyeri pada perut atas.

Bila gangguan kesehatan tersebut terjadi terus-menerus, Anda harus segera memeriksakan diri kepada dokter yang ahli di bidangnya agar tidak semakin parah. Dengan begitu, risiko komplikasi ataupun keparahan pada organ pencernaan bisa dikurangi.

—

GEJALA GANGGUAN PENCERNAAN

Sulit atau nyeri menelan makanan
Turun hitam atau berdarah
Antusiasme makan menurun
Berat lembaga menurun dengan penyebab tidak sahih
Keluhan perut yang selalu
Buang air besar berdarah atau hitam lembek
Sembelit atau sulit BAB yang baru dialami dan tidak segera membaik dengan makan buah dan sayur
Diare lebih dari 2 minggu
Kulit dan bola lupa menguning
Nyeri perut berkuasa tidak tertahan
Riwayat tanggungan dengan penyakit di saluran hancur, terutama tumor

—

RS DARMO
Jl Raya Darmo No 90, Surabaya
Webste: www.rsdarmo.co.id
Instagram: @rsdarmo. surabaya
INFO
Layanan Appointment dan Telekonsultasi: 031-5676253 atau 089630098900
Emergency: (031) 561-4135