WHO: 1 dari 10 Orang di Dunia Terindikasi sudah Terinfeksi Covid-19

WHO: 1 dari 10 Orang di Dunia Terindikasi sudah Terinfeksi Covid-19

JawaPos. com –  Di dalam pertemuan khusus, para pemimpin Pola Kesehatan Dunia (WHO) memberikan kisah peluang penularan Covid-19. WHO mengutarakan satu dari 10 orang pada seluruh dunia kemungkinan telah terkena Covid-19.

Seorang penguasa tinggi mengatakan perkiraan itu berguna sebagian besar dunia masih berisiko seperti dilaporkan BBC .   Lebih dari 35 juta orang telah dipastikan terinfeksi virus korona. Bahkam perkiraan WHO menyebutkan angka sebenarnya mendekati 800 juta orang.

Para-para ahli telah lama mengatakan total kasus sebenarnya akan melebihi yang dikonfirmasi. Sebab angka ini seolah-olah fenomena gunung es yang hanya terlihat di permukaan.

Sepuluh bulan berlalu sejak menjelma di Wuhan, Tiongkok, pertama kali. Krisis belum menunjukkan tanda-tanda hendak berakhir. Beberapa negara melihat aliran kedua setelah pelonggaran pembatasan & dalam beberapa kasus jumlahnya apalagi lebih tinggi.

“Perkiraan bahwa 10 persen populasi negeri telah tertular virus, ” sebutan Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan tubuh WHO  Mike Ryan seperti dilansir dari National Herald India , Jumat (9/10).

“Ini berbeda-beda tergantung negaranya, bervariasi dari perkotaan ke pedesaan, itu bervariasi antar kelompok yang berbeda, ” katanya.

“Tapi yang saya maksud merupakan bahwa sebagian besar dunia tetap berisiko. Kami tahu pandemi hendak terus berkembang, ” tambahnya.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ada memperlawankan mencolok dalam jumlah kasus dalam seluruh dunia.   Meskipun seluruh negara telah terkena virus ini, namun pandemi yang tidak merebak.

“Sepuluh negara menyumbang 70 persen dari semua peristiwa dan kematian yang dilaporkan & hanya tiga negara yang menyumbang setengahnya, ” katanya.

Lebih dari satu juta orang telah meninggal karena virus itu, menurut penghitungan dari Universitas Johns Hopkins. Setelah AS, India serta Brasil mengalami kasus infeksi terbanyak. (*)